Kexts, atau ekstensi kernel, memperluas fungsionalitas dasar kernel Darwin macOS. Mereka analog dengan driver di bawah Windows, dan mereka membiarkan kernel berkomunikasi dengan perangkat keras komputer Anda . Sebagian besar waktu, file-file ini tidak memerlukan pemeliharaan. Tetapi jika Anda mengalami masalah, Anda mungkin perlu mengutak-atik satu atau dua kext. Di artikel ini, Anda akan mempelajari cara menambahkan dan menghapus Kexts di macOS.

Apakah Mac di Big Sur dan Nanti Menggunakan Kexts?

Apple tidak lagi merekomendasikan penggunaan kexts dengan perangkat macOS Anda. Lebih buruk lagi, macOS Big Sur bahkan tidak mendukung beberapa kexts; Anda dapat menemukan daftar mereka di sini .

Di Mana Kexts Ditemukan?

Anda dapat menemukan kexts di dua tempat di Mac Anda. Sebagian besar tinggal di direktori "System/Library/Extensions", yang merupakan rumah utama untuk kexts. Beberapa juga ditemukan di folder “/ Library/Extensions”, tetapi itu kurang umum.

Anda dapat mengenali file dengan ekstensi .kext serta ikon gaya pluginnya.

Folder Ekstensi Kernel Mac

Cara Menghapus Kext

Ada dua cara untuk menghapus kexts. Yang pertama adalah dengan menggunakan perintah Terminal kextunload.

1. Tentukan kext mana yang perlu Anda hapus. Pastikan Anda benar-benar memiliki yang benar. Menghapus kext yang kritis terhadap sistem dapat menyebabkan masalah besar, dan nama kext sering kali samar.

2. Buka Terminal dan masukkan perintah berikut:

Pastikan untuk mengubah "kext.kext" menjadi nama file kext Anda. Misalnya, jika kext yang ingin Anda hapus bernama "AppleMobileDevice.kext", perintahnya adalah:

 

3. Setelah mengetik kext Anda, tekan Enter, lalu ketik kata sandi administrator Anda dan tekan Enter lagi.

Mac Hapus Terminal Kex

Jika itu gagal, Anda juga bisa menghapus paksa kext menggunakan rm.

1. Gunakan perintah Terminal berikut untuk menghapus file kext:

Pastikan untuk mengubah "kext.kext" menjadi nama file kext Anda. Misalnya, jika kext yang ingin Anda hapus bernama AppleIntelE1000e.kext, perintahnya adalah:

Hapus Kext Rm Mac

2. Masukkan kata sandi admin Anda dan tekan Enter.

Hapus Kexts Dari Terminal Macos Big Sur

3. Restart komputer Anda.

Mac Mulai Ulang Perangkat

Cara Menginstal Kexts Secara Otomatis

Langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus kexts hanya akan berfungsi jika Anda menggunakan sistem operasi Mac sebelum Big Sur dan memanfaatkan utilitas KextBeast yang awalnya dibuat untuk digunakan dengan Hackintoshes.

1. Unduh KextBeast . Jika Anda belum memiliki akun gratis dengan tonymacx86.com, Anda harus membuatnya untuk mengunduh file.

 

2. Pindahkan file kext yang ingin Anda instal ke Desktop Anda. Program akan secara otomatis beroperasi pada file kext apa pun di direktori “~/Desktop”, jadi pastikan Anda memiliki yang benar.

tambahkan-hapus-kexts-macos-move-kexts-file

3. Buka KextBeast dan klik "Lanjutkan."

instalasi kextbeast

4. Klik “Lanjutkan” lagi.

kextbeast-instalasi-lanjutkan

5. Pilih drive boot sistem Anda sebagai tujuan penginstalan dan klik “Lanjutkan.”

kextbeast-pilih-hd

6. Centang kotak di sebelah “/System/Library/Extensions” atau “/Library/Extensions”, tergantung di mana kext Anda perlu diinstal. Jika Anda tidak tahu harus memilih yang mana, pilih “/ System/Library/Extensions.”

kextbeast-pilih-instalasi-folder

8. Klik “Lanjutkan.”

kextbeast-instalasi-lebih-lanjutkan

9. Masukkan kata sandi administrator Anda dan klik "Instal Perangkat Lunak".

kextbeast-installation-admin-password

10. Tunggu penginstalan selesai dan klik “Tutup.”

kextbeast-instalasi-berhasil
 

11. Restart komputer Anda.

kextbeast-restart-computer

Cara Menginstal Kexts Secara Manual

Jika Anda menggunakan Mac yang berjalan di Big Sur atau lebih baru, Anda mungkin ingin melihat alternatif ekstensi kernel. Apple merekomendasikan antara lain DriverKit dan Network Extension .

Namun, jika Anda menggunakan sistem operasi lebih awal dari Big Sur, kexts dapat diinstal secara manual. Namun, ini adalah proses yang lebih rumit, dan Mac Anda benar-benar tidak suka Anda menginstal kexts seperti ini.

1. Seret dan jatuhkan file kext Anda ke “/ System/Library/Extensions”.

kextbeast-seret-ke-ekstensi-folder

2. Klik “Otentikasi”.

kextbeast-otentikasi

3. Masukkan kata sandi admin Anda.

kextbeast-otentikasi-dengan-admin-kata sandi

4. Buka Terminal dan gunakan perintah sudo kextload kext.kextuntuk memuat file kext yang baru Anda salin. Pastikan untuk mengganti “kext.kext” dengan nama file kext Anda.

perintah kextload

5. Masukkan kata sandi administrator Anda.

kextload-admin-password

6. Restart komputer Anda.

kexts-restart-komputer

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Bagaimana cara mengakses ekstensi sistem Big Sur saya?

Buka “System Preferences -> Extensions” untuk menemukan ekstensi yang terpasang di perangkat Anda – baik asli maupun pihak ketiga.

2. Ekstensi sistem di Mac saya diblokir. Apa yang harus saya lakukan?

Buka "Preferensi Sistem -> Keamanan & Privasi -> Umum."

Di kanan bawah jendela Anda, Anda akan melihat tombol "Izinkan" di sebelah pesan: "Perangkat lunak sistem dari pengembang [Nama Pengembang] diblokir dari memuat."

Klik gembok di kiri bawah dan masukkan kata sandi Anda, lalu ketuk tombol "Izinkan".

3. Apakah ekstensi sistem dan ekstensi kernel sama?

Ekstensi sistem dan ekstensi kernel dirancang dengan tujuan akhir yang sama tetapi bekerja sedikit berbeda. Keduanya bertujuan untuk membuat tugas latar belakang di Mac Anda berjalan lebih lancar.

Namun, ekstensi sistem tidak berfungsi di dalam kernel (berfungsi seperti aplikasi individual). Oleh karena itu, mereka tidak menimbulkan banyak ancaman bagi Mac Anda jika muncul masalah.

 

Membungkus

Anda tidak perlu terlalu sering mengotak-atik kexts. Dan jika perangkat Anda berjalan di Big Sur atau lebih baru, Anda hampir tidak perlu menginstalnya.

Jika Anda perlu menghapus kext di beberapa titik, Anda dapat menggunakan Terminal untuk menghapusnya tanpa banyak kesulitan. Dan jika Anda menggunakan Mac lama dan perlu menginstal kext, gunakan KextBeast untuk menyederhanakan prosesnya.

Dalam hal pemeliharaan macOS, hal lain yang terkadang Anda mungkin perlu bantuan adalah menghapus file yang tidak akan terhapus dengan cara biasa .