Media sosial, kita mungkin pernah mendengarnya sebelumnya, tetapi tidak semua orang tahu apa artinya itu? Jika Anda diminta untuk menentukan apa itu jejaring sosial, apakah Anda dapat memberikan definisi yang akurat. Sayangnya, sebagian besar individu tidak dapat melakukannya, meskipun mungkin saja mereka berpartisipasi dalam beberapa bentuk jejaring sosial, terutama online.


Jejaring sosial didefinisikan sebagai pengelompokan individu menjadi kelompok tertentu, seringkali seperti komunitas kecil atau lingkungan. Meskipun jaringan sosial dimungkinkan secara langsung, terutama di sekolah atau di tempat kerja, jaringan sosial lebih umum digunakan secara online. Ini karena tidak seperti kebanyakan sekolah menengah, perguruan tinggi, atau tempat kerja, Internet dipenuhi dengan jutaan, jika tidak lebih, individu yang ingin bertemu dengan pengguna internet lain dan mengembangkan persahabatan.


Ketika datang ke jejaring sosial online, situs web digunakan. Situs web ini dikenal sebagai situs jejaring sosial. Situs jejaring sosial mirip dengan komunitas online pengguna Internet. Bergantung pada situs jejaring sosial yang bersangkutan, banyak anggota komunitas online berbagi ikatan yang sama, apakah ikatan itu hobi, agama atau politik. Setelah Anda diberi akses ke situs web media sosial, Anda dapat mulai bersosialisasi. Sosialisasi ini mungkin termasuk membaca profil atau halaman profil anggota lain atau bahkan menghubungi mereka.


Teman yang dapat Anda jalin hanyalah salah satu dari banyak manfaat jejaring sosial online. Salah satu manfaat ini termasuk keragaman. Tidak seperti kebanyakan sekolah atau tempat kerja, Internet memberi individu, dari seluruh dunia, akses ke situs jejaring sosial. Artinya meskipun Anda berada di Amerika Serikat, Anda dapat berteman secara daring dengan seseorang di Jepang. Anda tidak hanya akan mendapatkan teman baru, tetapi Anda juga dapat mempelajari satu atau dua hal tentang budaya baru.


Seperti disebutkan sebelumnya, jejaring sosial sering kali melibatkan pengelompokan individu atau organisasi tertentu bersama-sama. Meskipun ada sejumlah situs jejaring sosial yang berfokus pada jaringan internet tertentu, ada juga yang tidak. Ini sering dianggap sebagai situs jejaring sosial tradisional. Biasanya, jenis situs web ini memiliki keanggotaan terbuka. Artinya, siapa pun dapat menjadi anggota, apa pun hobi, kepercayaan, atau pendapat mereka. Namun, setelah Anda memasuki komunitas online ini, Anda dapat mulai membuat jaringan pertemanan Anda sendiri; Sehingga menghilangkan orang lain yang tidak memenuhi kriteria Anda.


Jika komunikasi online terdengar seperti sesuatu yang mungkin menarik bagi Anda, kami mendorong Anda untuk mempelajarinya lebih lanjut, seperti risiko jejaring sosial. Seringkali risiko ini melibatkan penipu dunia maya atau individu yang mengklaim bahwa mereka bukan penipu. Meskipun ada risiko dengan jaringan online, hal itu juga terjadi dengan komunikasi dunia nyata. Seperti saat Anda bertemu teman di bar, sekolah, atau kantor, disarankan agar Anda menindaklanjuti secara online dengan hati-hati. Dengan menyadari lingkungan sekitar Anda dan dengan siapa Anda berbicara, Anda seharusnya dapat menikmati jejaring sosial online dengan aman.

Setelah Anda mempelajari semua yang Anda rasa perlu dipelajari, tentang jejaring sosial online, Anda dapat mulai mencari komunitas jejaring untuk bergabung. Ini dapat dengan mudah dilakukan dengan melakukan pencarian internet standar. Pencarian Anda kemungkinan besar akan memberikan sejumlah hasil, termasuk MySpace, FriendWise, FriendFinder, dan Yahoo! 360, Facebook, Orkut, dan Teman Sekelas.