Apakah Anda suka menggunakan Internet untuk bertemu dan berbicara dengan orang baru? Jika demikian, kemungkinan besar Anda pernah mendengar tentang situs media sosial sebelumnya. Jika Anda belum melakukannya, Anda pasti ingin mengenal mereka karena mereka dengan cepat menjadi cara paling populer untuk berkomunikasi dengan orang lain secara online.

Jika Anda belum menyadarinya, situs jejaring sosial adalah situs yang pada dasarnya berfungsi sebagai komunitas Internet. Meskipun semua situs jejaring sosial memiliki aturan dan batasannya sendiri, banyak situs web beroperasi dengan cara yang sama dan memiliki tujuan yang serupa. Tujuan mereka adalah untuk memungkinkan pengguna internet menghubungi pengguna internet lain melalui internet, seringkali dari seluruh dunia. Hal yang menyenangkan tentang situs jejaring sosial adalah bahwa mereka datang dalam berbagai bentuk yang berbeda. Ada banyak situs yang dianggap situs "publik". Situs web ini tidak terlalu terfokus, tetapi ada situs jejaring sosial yang secara khusus difokuskan. Seringkali poin-poin ini mencakup fokus pada kencan, agama, dan sekolah.

Jika jejaring sosial online menarik bagi Anda, Anda harus mencari komunitas untuk bergabung. Anda dapat dengan mudah melakukannya dengan beberapa cara berbeda. Dengan berbicara dengan orang yang Anda kenal, baik online maupun offline, Anda dapat diberi tahu ke situs jejaring sosial populer. Anda juga dapat menemukan situs ini sendiri dengan melakukan pencarian internet standar. Baik Anda melakukan riset sendiri atau mengandalkan rekomendasi dari orang lain, kemungkinan besar Anda akan menemukan sejumlah besar situs jejaring sosial. Beberapa dari situs yang mungkin Anda temukan termasuk Classmates, Orkut, dan Yahoo! 360 dan MySpace.

Orkut adalah situs jejaring sosial versi Google. Situs ini dibuat dan diluncurkan secara resmi pada tahun 2004. Orkut memiliki banyak anggota, dari seluruh dunia. Hal yang menyenangkan tentang Orkut adalah sistemnya mudah digunakan, yaitu begitu Anda masuk. Untuk melindungi komunitas jejaring sosial mereka, sejumlah besar situs jejaring sosial, termasuk Orkut, telah membatasi akses ke situs tersebut. Jika tertarik untuk bergabung dengan Orkut, Anda harus mengenal seseorang yang sudah menjadi anggota dan harus mengundang Anda untuk bergabung dalam komunitas. Jika Anda tidak mengenal salah satu anggota Orkut secara pribadi, ada kemungkinan Anda akan menghubunginya dan mendapatkan undangan dari seseorang yang Anda temui secara online.

Classmates adalah situs jejaring sosial online yang berkembang pesat. Situs ini berfokus pada komunikasi dengan teman lama atau teman sekelas lama. Teman sekelas dapat digunakan secara gratis, tetapi Anda harus menjadi anggota berbayar untuk menikmati banyak manfaat dari anggotanya. Manfaat ini termasuk, namun tidak terbatas pada, mencari teman sekelas lama, membaca profil mereka, meminta lebih banyak informasi dari teman sekelas Anda, atau bahkan menelepon mereka.

MySpace adalah situs media sosial populer lainnya yang dapat ditemukan secara online. Faktanya, MySpace dikenal sebagai situs jejaring sosial paling populer di Internet. Mereka saat ini memiliki lebih dari seratus juta anggota! MySpace, seperti banyak situs media sosial lainnya, memungkinkan Anda membuat profil Anda sendiri, bahkan halaman pribadi Anda. Setelah halaman Anda dibuat, Anda dapat dengan mudah mengundang anggota lain untuk menjadi anggota jaringan Anda dan sebaliknya. Selain memiliki halaman profil tradisional, dengan informasi pribadi Anda, Anda juga dapat melihat banyak foto, video, dan klip musik. Meskipun ada sejumlah fitur yang membuat MySpace begitu populer, alasan paling umum untuk popularitasnya adalah fakta bahwa MySpace benar-benar gratis untuk digunakan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, MySpace, Classmates, dan Orkut hanyalah beberapa dari banyak situs jejaring sosial yang dapat Anda temukan online. Situs tambahan termasuk FriendFinder dan Yahoo! 360 dan lebih banyak lagi. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang masing-masing situs ini atau untuk bergabung dengan komunitas mereka, disarankan agar Anda mengunjungi situs web mereka di Internet dan meminta informasi tambahan. Anda dapat menemukan situs-situs ini dengan melakukan pencarian internet standar.