Pernahkah Anda terpikir untuk bergabung dengan komunitas media sosial online? Jika Anda suka bertemu orang baru, kemungkinan besar Anda sudah memikirkannya. Terlepas dari keinginan mereka untuk bergabung, ada banyak individu yang memutuskan untuk tidak bergabung. Apakah Anda salah satu dari orang-orang ini? Jika ya, apakah karena Anda merasa kewalahan? Ada sejumlah situs jejaring sosial yang tidak terbatas untuk dipilih dan banyak dari mereka penuh dengan anggota.


Meskipun Anda mungkin berasumsi bahwa bergabung dengan situs web media sosial dengan banyak anggota komunitas adalah ide yang bagus, beberapa individu, dan mungkin Anda juga, merasa bahwa berurusan dengan itu terlalu berlebihan. Misalnya, tahukah Anda bahwa MySpace, situs jejaring sosial populer, memiliki lebih dari seratus juta anggota? Jika tidak berlebihan, lalu apa itu? Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan komunitas untuk terhubung secara online, tetapi memiliki lebih sedikit anggota, kami menganjurkan Anda untuk mencari situs jejaring sosial yang fokus secara khusus. Fokus ini sering kali pada topik, masalah, opini, dan perhatian umum.


Situs jejaring sosial yang berfokus pada satu hal tertentu sering disebut sebagai situs jejaring sosial. Ini karena, tidak seperti situs tradisional, tidak semua orang bisa menjadi anggota. Untuk menjadi anggota situs media sosial profesional, Anda harus memiliki minat pada topik yang sedang dibahas. Situs-situs ini secara drastis mengurangi jumlah anggotanya. Meskipun Anda akan memiliki lebih sedikit anggota komunitas untuk terhubung, Anda akan menemukan bahwa lebih banyak dari mereka memiliki minat yang sama dengan Anda. Di dalamnya, beberapa pengguna internet yang memiliki minat yang sama dengan Anda lebih baik daripada jutaan anggota yang tidak memiliki kesamaan dengan mereka.


Jika Anda tertarik untuk menemukan situs web yang mengkhususkan diri pada jejaring sosial, Anda disarankan untuk melakukan pencarian internet standar. Anda akan ingin mencari menggunakan kata kunci media sosial dan apa pun yang Anda cari. Misalnya, jika Anda mencari situs web jejaring sosial yang dirancang khusus untuk pecinta hewan, Anda dapat menggabungkan kata-kata di jejaring sosial dengan pecinta hewan, pecinta hewan peliharaan, kucing, anjing, dll. Apakah Anda mencari situs jejaring sosial yang berfokus pada hobi, agama, atau politik populer, Anda pasti menemukan apa yang Anda cari.


Dalam pencarian Anda untuk situs media sosial khusus, kemungkinan besar Anda akan menemukan Facebook atau Classmates. Facebook dan Classmates sama-sama dianggap sebagai situs jejaring sosial khusus karena cenderung berfokus pada siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi, termasuk siswa yang hadir dan mereka yang sudah lulus. Kedua situs ini menghubungkan Anda dengan orang-orang yang saat ini akan bersekolah dengan Anda atau mereka yang pernah bersekolah dengan mereka di masa lalu. Jika Anda sudah lulus, Facebook dan Teman Sekelas sangat cocok untuk berhubungan kembali dengan teman lama atau bahkan menjalin pertemanan baru.


Situs jejaring sosial populer lainnya berfokus pada agama. Apakah Anda seorang Kristen atau bukan, ada banyak situs media sosial yang berfokus pada agama. Situs web ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk bertemu dengan pengguna internet lain, tetapi juga memungkinkan Anda untuk bertemu dengan orang-orang yang memiliki keyakinan dan sudut pandang yang sama. Dengan situs jejaring sosial religius, seperti HolyPal dan JesusCrowd, Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencari orang-orang yang memiliki kepercayaan yang sama, tetapi Anda secara otomatis akan memasuki komunitas di mana setiap orang berkhotbah dan mempercayai hal yang sama.


Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada sejumlah besar komunitas jejaring sosial khusus yang dapat Anda temukan online. Komunitas ini tidak terbatas pada pecinta hewan peliharaan, pengikut agama, atau mereka yang ingin berhubungan kembali dengan teman lama, seperti yang disebutkan di atas. Dengan cara situs jejaring sosial semakin populer, dapat dikatakan bahwa Anda harus dapat menemukan komunitas jejaring online, apa pun minat Anda.