Tahukah Anda apa tujuan utama dari situs jejaring sosial? Jika Anda adalah pengguna internet yang rajin, Anda mungkin akan melakukannya. Situs jejaring sosial adalah komunitas online yang memberikan kemudahan bagi pengguna internet untuk bertemu dan berkomunikasi satu sama lain. Jika Anda adalah pengguna internet yang senang menggunakan internet untuk bertemu orang baru, kemungkinan besar Anda sudah termasuk dalam situs jejaring sosial. Bagaimana dengan blog di Internet? Apa kamu punya salah satunya? Jika ya, tahukah Anda bahwa Anda dapat menggunakan situs media sosial untuk mempromosikan blog Anda?


Promosikan blog Anda? Mengapa Anda ingin melakukan itu? Sejujurnya, jika Anda harus bertanya pada diri sendiri pertanyaan ini, Anda mungkin seharusnya tidak memilikinya. Seluruh tujuan blog adalah untuk mendokumentasikan pemikiran, opini, dan opini Anda tentang topik, masalah, atau topik tertentu. Apa gunanya blog Anda jika tidak ada yang membacanya. Selain berbagi pemikiran Anda dengan seluruh dunia, tahukah Anda bahwa Anda juga dapat menghasilkan uang dari blog Anda? Anda dapat mendaftar untuk program afiliasi atau program lain seperti Google Adsense. Jika Anda menggunakan blog untuk menghasilkan uang, Anda pasti ingin mempromosikannya.


Dalam hal promosi blog, ada banyak pemilik blog yang memutuskan untuk membiarkan mesin pencari melakukan pekerjaan untuk mereka. Mesin pencari, seperti Google, Yahoo, dan MSN menggunakan teknologi khusus untuk membaca konten di situs Anda. Kemudian konten ini digunakan untuk menentukan peringkat situs Anda dengan kata kunci tertentu. Ini berarti Anda menjalankan blog tentang kelulusan sekolah menengah di New York, dan ada kemungkinan besar blog Anda akan muncul di penelusuran sekolah menengah di New York. Meskipun banyak blog berhasil mendapat peringkat di mesin pencari, tidak semuanya. Itulah mengapa disarankan untuk tidak hanya mengandalkan mesin pencari saat mempromosikan blog Anda.


Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika Anda suka bertemu atau berbicara dengan orang secara online, ada kemungkinan Anda termasuk dalam situs atau komunitas di jaringan media sosial. Orang yang Anda ajak bicara di komunitas Anda kemungkinan besar adalah individu yang ingin Anda targetkan. Karena sebagian besar situs media sosial menghubungkan pengguna internet yang memiliki tujuan dan minat yang sama, ada kemungkinan besar teman online Anda akan senang membaca blog Anda. Namun, sebelum mereka dapat membaca blog Anda, Anda harus memberi tahu mereka bahwa blog itu ada di sana.


Ketika datang untuk mempromosikan blog Anda di situs media sosial, Anda memiliki sejumlah opsi berbeda. Pilihan pertama Anda adalah memasukkan link ke blog Anda di profil komunitas atau halaman profil Anda. Ini akan memungkinkan anggota komunitas lain untuk memeriksa blog Anda, hanya jika mereka mau. Cara lain adalah memberi tahu teman Anda secara online tentang blog Anda melalui pesan pribadi. Setelah Anda bergabung dengan situs web jejaring sosial dan membuat atau bergabung dengan jaringan teman, Anda seharusnya dapat berkomunikasi dengan mudah dengan teman-teman ini. Mengirim pesan pribadi ke setiap teman Anda yang berisi informasi dan tautan ke blog Anda cenderung lebih efektif daripada sekadar menempatkan tautan di profil Anda atau di halaman profil Anda.


Meskipun ada kemungkinan besar Anda sudah menjadi anggota situs media sosial populer, Anda mungkin belum menjadi anggota. Jika Anda belum menjadi anggota, tetapi ingin menjadi anggota, Anda perlu mencari situs web media sosial untuk bergabung. Ini dapat dengan mudah dilakukan dengan pencarian internet standar. Dalam pencarian Anda, Anda mungkin akan menemukan sejumlah situs jaringan populer, seperti MySpace, Facebook, FriendFinder, dan Yahoo! 360 dan Orkut. Sebelum menjadi anggota komunitas di salah satu situs jejaring ini, Anda mungkin ingin memeriksa situs web terlebih dahulu untuk memastikan semuanya sesuai dengan keinginan Anda.


Seperti yang dapat Anda lihat dengan mudah, ada sejumlah cara berbeda untuk mempromosikan blog Anda di situs jejaring sosial online. Anda tidak pernah tahu, tetapi selain mempromosikan blog Anda, Anda juga bisa mendapatkan teman baru di sepanjang jalan.