Dalam hal keamanan internet, perhatian besar diberikan pada remaja dan penggunaan situs jejaring sosial. Meskipun penting bagi remaja untuk berhati-hati saat menggunakan situs populer ini, mereka bukan satu-satunya yang harus peduli dengan keamanannya. Jika Anda adalah orang dewasa yang suka berkomunikasi secara online, Anda juga harus berhati-hati saat bertemu dan berkomunikasi dengan pengguna Internet lainnya.


Meskipun situs jejaring sosial adalah tempat yang tepat untuk bertemu dengan pengguna internet lain, terutama yang memiliki minat serupa, situs tersebut juga bisa berbahaya. Dalam beberapa tahun terakhir, ada banyak laporan tentang individu yang dirugikan ketika mereka pergi menemui seseorang yang mereka temui di jejaring sosial online, termasuk situs kencan. Jika Anda tidak berhati-hati, hal yang sama mungkin terjadi pada Anda. Ini tidak berarti bahwa Anda dipenuhi dengan ketakutan. Namun, itu berarti Anda harus berhati-hati di Internet.


Salah satu dari banyak cara untuk melindungi diri Anda sendiri, ketika menggunakan situs jejaring sosial online, adalah dengan melihat apa yang Anda posting secara online, terutama di profil Anda. Anda mungkin tidak mengetahui hal ini, tetapi ada banyak situs jaringan, termasuk MySpace, FriendFinder, dan Yahoo! 360 memungkinkan semua pengguna internet untuk melihat profil atau halaman profil Anda. Pengguna internet ini tidak perlu menjadi anggota komunitas online Anda. Ini berarti bahwa meskipun komunitas jaringan Anda mungkin aman, masih ada orang-orang menjengkelkan yang dapat dengan mudah memperoleh informasi pribadi Anda.


Selain informasi yang Anda sediakan untuk pengguna Internet lainnya, termasuk profil anggota, Anda disarankan untuk berhati-hati saat berkomunikasi dengan pengguna Internet lain, terutama mereka yang menghubungi Anda. Sejumlah besar situs jejaring sosial memiliki keanggotaan terbuka. Pada dasarnya, ini berarti siapa saja dapat dengan mudah bergabung menjadi anggota. Hanya karena seseorang mengatakan diri mereka sendiri tidak berarti bahwa mereka mengatakan yang sebenarnya. Jika Anda merasa sedang berbicara dengan seseorang yang membuat Anda merasa nyaman atau tidak mengatakan yang sebenarnya selama percakapan, Anda disarankan untuk mengakhiri percakapan.


Bagi banyak orang, mengobrol dengan orang lain secara online sudah cukup, tetapi bagi sebagian orang itu tidak cukup. Apakah Anda diminta untuk bertemu teman secara online atau jika Anda memulai rapat sendiri, disarankan untuk berhati-hati. Anda tidak ingin bertemu seseorang yang Anda kenal di Internet hanya untuk waktu yang singkat. Untuk alasan keamanan, disarankan agar Anda berbicara dengan salah satu teman Anda secara online setidaknya sebulan sebelum setuju untuk bertemu dengan mereka. Jika pertemuan ini terjadi, kami mendorong Anda untuk mengadakannya di tempat umum. Dengan begitu, jika rapat Anda tidak berjalan sesuai rencana semula, Anda dapat memastikan keamanan dengan memiliki orang lain di sekitar Anda.


Tindakan pencegahan yang tercantum di atas hanyalah beberapa dari banyak tindakan yang harus Anda ambil. Meskipun Anda mungkin khawatir akan menyakiti perasaan seseorang atau kehilangan teman daring, Anda tidak seharusnya begitu. Keamanan Anda sangat penting sehingga Anda tidak peduli dengan apa yang dipikirkan atau dirasakan orang lain.